Resep Cara Membuat Tongseng Daging Kambing Khas Solo

Resep Cara Membuat Tongseng daging - kota solo,siapa sih yang tidak kenal dengan ciri khas keramahan penduduknya Jika anda mengaku orang jawa tulen maka silahkan beradu sopan dengan orang solo(oops,bercanda). Di kota solo juga banyak di temukan tongseng daging kambing yang rasanya enak dan mantap dan harus anda coba di rumah.
Resep Cara Membuat Tongseng daging kambing khas solo
Resep Cara Membuat Tongseng daging kambing khas solo

Bagi anda yang belum tahu tongseng berikut adalah penjelasannya: tongseng adalah makanan yang hampir sama dengan gulai(jatim: gule) cuma tongseng rasa bumbunya lebih terasa dan biasanya kuahnya lebih sedikit. Tongseng di buat dengan daging kambing namun ada juga yang membuat dengan daging sapi ataupun daging kerbau. Soal rasa tongseng memang top deh. Anda penasarang ingin membuatnya? Langsung aja simak cara membuat tongseng kambing dibawah ini

Resep  Tongseng Daging Kambing

Bahan-Bahan yang dibutuhkan
- 1 batang serai, memarkan
- 4 buah cabai merah, iris tipis sekitar 2 cm
- 2 buah tomat, di potong menjadi empat bagian
- 2 sentimeter lengkuas, dimemarkan
- 3 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- 3 buah kemiri
- 3 cm kunyit, dibakar
- 2 lembar daun jeruk
- 1 cm jahe, memarkan
- 1 lembar daun kol, di iris tipis-tipis
- 4 sendok makan kecap manis
- garam dan lada secukupnya
- minyak goreng secukupnya untuk menumis
Bahan utama membuat tongseng
- 1/2 kilogram daging kambing,yang di potong kecil-kecil (biasanya iga kambing atau daging yang masih melekat pada iga.
- air secukupnya.
- 800 ml santan. 

Cara Membuat Tongseng Daging Kambing Khas Solo


  1. Pertama-tama panaskan air terlebih dahulu untuk merebus daging kambing. Rebus daging hingga setengah empuk. Setelah daging terasa empuk, tiriskan. Kalian juga bisa memotong kotak-kotak daging atau sesuai selera anda.
  2. Kemudian Haluskan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, lada, kemiri, kunyit, jahe, dan ketumbar terlebih dahulu.
  3. Selanjutnya panaskan minyak goreng untuk menumis bumbu-bumbu halus tadi. Di masukkan juga serai, lengkuas, jahe, dan daun jeruk. Tumis semua bahan hingga bau harumnya tercium.
  4. Lalu tuangkan santan. Sambil diaduk hingga merata, kemudian masukkan daging kambing. Biarkan hingga mendidih dan dagingnya terasa empuk.
  5. Sebelum diangkat, tambahkan irisan tomat, kol, dan cabai di atasnya.
  6. Tongseng siap di hidangkan.


Baca Resep Masakan lainnya :



Resep diatas bisa anda variasikan sendiri dengan daging sapi,daging ayam, dan jamur agar rasanya enak. Semoga resep dari buresep tentang resep cara membuat tongseng khas solo ini semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »