Resep Nasi Pecel Madiun Yang Mudah Dibuat & Lezat

Resep Pecel Madiun – Halo sist, bertemu lagi dengan saya admin blog olharanu. Kali ini saya akan berbagi resep nasi pecel madiun. Nasi pecel adalah masakan nasi yang di beri sayur yang sudah di rebus atau biasa di sebut dengan “kulub” . selain itu di atas pecel juga di beri sambal yang di sebut sambal pecel yang berasal dari sambal kacang yang sudah di beri air panas. Soal rasa, nasi pecel ini sangatlah enak, maka tak heran jika banyak yang mencari resepnya.

Resep cara membuat nasi pecel madiun nasi pecel tumpang kertosono nasi tumpang
Nasi Pecel Madiun
Resep pecel madiun sebenernya sangat sederhana. Anda tidak perlu menggunakan alat-alat yang aneh untuk memasa, cukup pake panci sudah bisa jadi nasi pecelnya hehe. Yang perlu anda siapkan adalah sayur mayor yang saya tuliskan di bawah ini. hamper semua sayur di rebus ya sis, tetapi ikuti saja panduannya. Berikut ini adalah resep nasi pecel dari kota madiun.

Yang dibutuhkan pertama kali adalah Nasi putih dan kemudian pelengkapnya: pecel, kerupuk lempeng, tempe bacem . secara lengkap berikut afalah bahan-bahannya

Bahan :
75 gr  taoge jangan lupa di rebus terlebih dahulu
100 gr  kol yang sudah diiris tipis dan direbus
150 gr  papaya muda kemudian di serut kasar dengan alat serut kemudian di rebus juga
50 gr daun kenikir di rebus
50 gr  bayam di rebus
5 bh  bunga turi di rebus
50 gr  petai cina
1 ikat  daun kemangi, ambil daunnya saja
250 ml  air matang

Bahan bumbu/sambel/Kuah Pecel :
100 gr  kacang tanah yang sudah di goreng matang
2 buah  cabai merah rebus terlebih dahulu
3 buahh  cabai rawit yang sudah direbus
5 cm  kencur
3 lembar  daun jeruk purut
½ sdt  terasi yang sudah goreng
1 sdt  gula merah
½ sdt  garam
1 sdt  asam jawa 
Cara membuat  Nasi Pecel Madiun
  1. yang pertama adalah membuat sambal kacangnya dengan cara mengHaluskan bahan kuah pecel, kemudian tambahkan air matang dan aduk rata kuahnya hingga rata. 
  2. Tata nasi di atas piring yang sudah disiapkan. Susun sayuran yang sudah di rebus sebelumnya dan  siram dengan kuah pecel, dan jangan lupa taburkan taburkan petai cina di atasnya. 
  3. Sajikan nasi pecel dengan tempe bacem, taburan daun kemangi dan kerupuk dan rempeyek.  
Baca Resep Masakan Lainnya

Bagaimana sists?, mudah kan cara bikin nasi pecelnya. Hanya dengan modal sayur dan sambal kacang saja sudah bisa membuat nasi pecel madiun yang enak. Lebih enak lagi kalo nasi pecelnya di kasih rempeyek, hemmmz enaknya hehe. Semoga bermanfaat artikel resep nasi pecel madiunnya semoga bermanfaat, jangan lupa untuk di share ya.

Previous
Next Post »